Sabtu, Desember 11, 2010

Tugas sistem pencernaan

1. Jelaskan pengertian ingesti, digesti dan eleminasi..?

a. Ingesti adalah proses pengambilan makanan ke dalam saluran pencernaan, umumnya melalui mulut.
b. Digesti adalah proses mekanik dan kimia untuk merubah nutrient menjadi bentuk yang mudah diabsorbsi. Proses dalam digesti adalah : mengunyah, menelan dan gerakan peristaltik.
c. Eleminasi adalah mengeksresi sisa-sisa makanan sampai yang melalui beberapa proses, mulai dari masuknya makanan ke dalam mulut hingga mengeluarkannya dalam bentuk feses. Ketika makanan tersebut masuk ke dalam mulut terjadi pencernaan secara mekanik dan kimiawi, kemudian sampai ke esofagus, ke lambung. Di dalam lambung juga terjadi pencernaan secara mekanik dan kimiawi. Kontraksi otot pada lambung mencampur makanan dengan getah lambung. Dalam proses tersebut, HCl membantu dalam mencampur dan memecah makanan. Enzim pepsin juga membantu mencerna protein. Di lambung ini makanan terlebih dahulu diubah menjadi khime sebelum di bawa ke usus. Khime adalah bahan semifluid sehingga mudah dicerna dan diabsorpsi di dalam usus halus. Usus halus memecah protei, lemak, dan karbohidrat menjadi elemen-elemen dasar. Bagian terakhir dari eleminasi terjadi terjadi di kolon yang berfungsi untuk absorpsi, proteksi, sekresi, dan eleminasi. Di dalam usus besar terdapat banyak mikroorrganisme yang membantu membusukkan sisa-sisa makanan hingga menjadikannya tinja(feses) yang akan dikeluarkan di lubang anus.


2. Bagaimanakah struktur organ pencernaan secara spesifik berhubungan dengan fungsinya..?

Berawal dari ingesti, yakni masuknya makanan dari mulut, di dalam mulut terjadi pencernaan secara mekanik dan kimiawi yang dibantu oleh gigi, lidah dan kelenjar ludah (saliva). Kemudian dengan gerakan peristaltik makanan tersebut masuk atau ditari ke esofagus. Setelah itu masuk ke lambung untuk dicerna secara mekanik dan kimiawi, organ ini dapat menampung 1-2 liter makanan. Dinding lambung disusun oleh otot polos yang berfungsi menggerus makanan secara mekanik melalui kontraksi otot-otot tersebut. Ada 3 jenis otot yang Ada 3 jenis otot polos yang menyusun lambung, yaitu otot memanjang, otot melingkar, dan otot menyerong.
Selain pencernaan mekanik, pada lambung terjadi pencernaan kimiawi dengan bantuan senyawa kimia yang dihasilkan lambung. Senyawa kimiawi yang dihasilkan lambung adalah :
• Asam HCl ,Mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin. Sebagai disinfektan, serta merangsang pengeluaran hormon sekretin dan kolesistokinin pada usus halus
• Lipase , Memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Namun lipase yang dihasilkan sangat sedikit
• Renin , Mengendapkan protein pada susu (kasein) dari air susu (ASI). Hanya dimiliki oleh bayi.
• Mukus , Melindungi dinding lambung dari kerusakan akibat asam HCl.
Hasil penggerusan makanan di lambung secara mekanik dan kimiawi akan menjadikan makanan menjadi bubur yang disebut bubur kim.
Fungsi HCl Lambung :
1. Merangsang keluamya sekretin
2. Mengaktifkan Pepsinogen menjadi Pepsin untuk memecah protein.
3. Desinfektan
4. Merangsang keluarnya hormon Kolesistokinin yang berfungsi merangsang empdu mengeluarkan getahnya.
Proses pencernaan ini juga dibantu oleh pankreas dan hati. Fungsi akan dijelaskan pada soal nomor 6.
Fase selanjutnya adalah usus besar (kolon). Usus besar dibagi menjadi 3 daerah, yaitu : Kolon asenden, Kolon Transversum, dan Kolon desenden. Fungsi kolon adalah :

a. Menyerap air selama proses pencernaan.
b. Tempat dihasilkannya vitamin K, dan vitamin H (Biotin) sebagai hasil simbiosis dengan bakteri usus, misalnya E.coli.
c. Membentuk massa feses
d. Mendorong sisa makanan hasil pencernaan (feses) keluar dari tubuh. Pengeluaran feses dari tubuh ddefekasi.
Dan akhirnya sampai ke Rektum dan Anus merupakan lubang tempat pembuangan feses dari tubuh. Sebelum dibuang lewat anus, feses ditampung terlebih dahulu pada bagian rectum. Apabila feses sudah siap dibuang maka otot spinkter rectum mengatur pembukaan dan penutupan anus. Otot spinkter yang menyusun rektum ada 2, yaitu otot polos dan otot lurik.
3. Bandingkan antara defekasi dan eksresi…!?
Jawab :

No Defekasi Eksresi
1 Pengertian proses pengeluaran feses melalui rektum dan anus. Sistem pembuangan zat-zat sisa pada makhluk hidup yang tak berguna lagi seperti urea, karbondioksida, racun dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar